Karburator adalah komponen sepeda motor yang berfungsi
mengatur suplai bahan bakar (bensin) dan udara ke dalam ruang pembakaran atau
silinder dengan perbandingan tertentu.
Prinsip kerja dari karburator adalah ketika piston
bergerak turun dari Titik Mati Atas (TMA) menuju Titik Mati Bawah (TMB) pada
langkah isap akan menyebabkan kevakuman.Kevakuman ini menyebabkan udara masuk
melalui bukaan skep dan pada saat itu juga spuyer bahan bakar pada posisi
membuka.Udara yang masuk akan menarik bahan bakar dari karburator keluar
melalui spuyer sehingga terbentuklah kabut yang merupakan campuran antara bahan
bakar (bensin) dan udara yang selanjutnya akan dikirim menuju ruang bakar atau silinder.
Supaya engine dapat bekerja maksimal karburator harus
disetel dengan tepat.Kesalahan dalam penyetelan karburator dapat menyebabkan
campuran bahan bakar dan udara terlalu kaya atau terlalu miskin yang berakibat
engine tidak bekerja dengan sempurna pada putaran tinggi.Campuran miskin atau
kaya berarti suplai bahan bakar terlalu sedikit atau berlebih.
Berikut cara penyetelan karburator:
· Penyetelan Pilot Air Screw (Sekrup
Udara)
Untuk penyetelan sekrup udara dilakukan pada saat
mesin sepeda motor sedang menyala.Untuk menyetel sekrup ini mula-mula putar
sekrup searah jarum jam sampai maksimal /berhent. kemudian putar berlawanan
arah jarum jam kira-kira 1,5 putaran.
· Penyetelan Putaran Stasioner
Penyetelan langsam harus dilakukan pada kondisi mesin
hidup dan sudah panas.Kenapa harus pada saat mesin sudah panas?,karena jika
mesin sudah panas putaran mesil lebih stabil.Putaran mesin pada saat masih
dingin akan berbeda dengan mesin yang sudah panas,biasanya jika mesin masih
dingin putarannya lebih lambat.Untuk menyetelnya lakukan dengan memutar searah
jarum jam atau berlawanan arah jarum jam sampai diperoleh setelan yang
diinginkan.Namun untuk cara yang sering dilakukan pada saat menyetel langsam
adalah sampai diperoleh suara mesin yang halus dan stabil.Jika sepeda motor
dilengkapi dengan tachometer dapat menyetel langsam dengan melihat standar
putaran langsam pada tachometer biasanya putaran langsam standar adalah 1300rpm
s/d 1500 rpm.Standar pengaturan langsam mesin sepeda motor bebeda-beda,ada
sepeda motor yang tidak boleh menyetel langsam terlalu kecil dikarenakan pompa
oli tidak bekerja maksimal melumasi seluruh komponen mesin.